Spray Rumput Laut Pencegah Flu

Senin, 10 Agustus 2015 - 08:03 WIB
Spray Rumput Laut Pencegah...
Spray Rumput Laut Pencegah Flu
A A A
RUMPUT laut ternyata memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa. Selain melancarkan pencernaan, rumput laut juga berkhasiat mencegah flu.

Dr Rudy Susilo PhD dari Pharmacologist dan Phytochemist dari Berlin, Jerman, baru-baru ini melakukan penelitian bersama (joint research) untuk mengembangkan rumput laut sebagai antiflu.

Rumput laut mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap. Secara kimia, rumput laut terdiri atas air (27,8%), protein (5,4%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%), dan abu (22,25%).

Selain karbohidrat, protein, lemak dan serat, rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D, E, dan k). Rumput laut juga sarat kalsium dan selenium, serta mikro mineral seperti zat besi, magnesium, dan natrium.

Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10-20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat. Akhirnya, joint researchantara perusahaan Indonesia-Jerman telah menghasilkan produk baru berbasis rumput laut Kappahycusdari Indonesia yang bermanfaat bagi kesehatan.

"Hasil terobosan inovasi terbaru dari joint research Indonesia-Jerman ini menghasilkan satu antivirus spray yang bisa digunakan untuk mencegah dan meringankan gejala-gejala awal flu," papar Dr Rudy Susilo PhD di acara peluncuran produk Spartan, produk mouthsprayalami untuk mencegah flu.

Bahan aktif alami yang dikembangkan melalui joint researchkerja sama antara PT Interbat, PT Quasar Husada, dan Evoria GmbH Jerman ini dinamakan alskinova. Bahan ini disinyalir bermanfaat sebagai antivirus untuk mencegah virus masuk ke dalam sel.

Selain itu, dikembangkan pula cistusyang dikombinasikan dengan alskinovauntuk pencegahan penularan flu. Menurut WHO, saat Kongres Ilmiah Internasional di Hong Kong pada 2010 lalu mengungkapkan bahwa cistusmerupakan tanaman herbal yang diteliti karena dianggap bermanfaat dalam mencegah dan mengobati flu.

Berdasarkan hasil uji klinis yang dipublikasikan banyak jurnal kedokteran, ekstrak cistusdianggap bermanfaat bagi kesehatan karena kadar polifenolnya tinggi. "Polifenol inilah yang berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, antiradang, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat penyembuhan flu,” kata Dr Rudy Susilo.

Larissa
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0587 seconds (0.1#10.140)